7 Pertanyaan Interview Kerja untuk Lulusan SMA atau SMK yang Sering ditanyakan


Kamu baru saja lulus dari SMA atau SMK? Ingin langsung mempunyai pekerjaan tetap dan tidak melanjutkan kuliah. Kamu gugup Ketika melakukan wawancara kerja? Begini cara agar tidak gugup saat wawancara bila kamu sudah tahu pertanyaan apa saja yang akan ditanyakan.

Untuk kamu yang baru lulus SMA sederajat dan berhenti hanya sampai pada jenjang tersebut dan ingin langsung memiliki pekerjaan tetap. Setidaknya kamu tidak akan lagi menjadi beban bagi kedua orang tua. Bila kamu memiliki pekerjaan tentu itu akan membantu meringankan perekonomian keluargamu.

Nah, untuk kamu yang ingin melamar pekerjaan, Pasalnya Hal yang pertama kamu lakukan ialah membuat CV yang menarik dan mengirimpkan formulirmu ke perusahaan tersebut. Jika kamu lolos dalam tahap penyeleksian pertama selanjutnya kamu harus melewati sesi wawancara terlebih dahulu sebelum diterima menjadi pegawai atau karyawan di sebuah perusahaan.

Wawancara tidak bisa dianggap remeh sebab, wawancara merupakan factor paling penting untuk menentukan diterima atau tidaknya si pelamar kerja ke perusahaan. Pada sesi wawancara kamu akan dinilai mulai dari gaya berpakaian hingga bagaimana kamu menjawab pertanyaan yang akan di berikan kepadamu.

Kesempatan kali ini, Kami akan membagikan tips pertanyaan apa saja yang akan nantinya kamu dapatkan pada saat sesi wawancara. Jika kamu sudah tahu pertanyaan apa yang akan dating kepadamu tentu kamu bisa menjawabnya tanpa rasa gugu[. Berikut ini 7 pertanyaan interview kerja untuk lulusan SMA atau SMK yang sering ditanyakan.

1. Perkenalan diri

Ini merupakan hal yang akan pertama kali kamu dapatkan Ketika kamu baru saja mulai sesi wawancaranya. Walaupun kamu sudah mengirimkan CV mu ke perusahaan tersebut tetap saja kamu akan di tes ulang apakah CV yang kamu buat benar-benar sesuai dengan datamu.

2. Dari mana kamu mengetahui adanya lowongan pekerjaan di perusahaan kami

Hal ini merupakan pertanyaan yang wajar karena perusahaan tidak akan menerima si pelamar kerja bila tidak mengetahui dari mana informasi yang kamu dapat sehingga kamu mengirimkan CV ke perusahaan tersebut.

3. Apakah kamu memiliki pekerjaan lain

Bila kamu memiliki pekerjaan lain tentu perusahaan akan memasukkanmu ke posisi cadangan karena nantinya kamu tidak akan sulit untuk focus bekerja di perusahaan yang kamu lamar.

4. Kenapa kamu tidak meneruskan pendidikanmu

Pertanyaan ini tentu akan muncul agar perusahaan bisa tahu alasan kamu mengapa kamu ingin memiliki pekerjaan di usia yang sekarang ini.

5. Apa kontribusi kamu terhadap perusahaan ini

Perusahaan yang kamu lamar haruslah sesuai dengan bidang, minat atau bakatmu. Karena kamu akan bekerja pada perusahaan tersebut tidak dalam jangka pendek bila kamu diterima. Nah, disini kamu harus menjawabnya dengan rasa percaya diri karena hal itu dapat membantu untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut.

6. Apa rencana jangka Panjang dan pendekmu untuk ke depannya

Kamu harus memiliki rencana ke depannya sebelum kamu melamar ke perusahaan. Hal itu membuatmu memiliki nilai dimata perusahaan bahwa kamu orang yang berkomitmen.

7. Bagaimana jika lamaran kamu ditolak

Pada saat pertanyaan ini keluar jawablah dengan rasa yang tidak terlalu kecewa agar kamu dianggap orang yang optimis dan memiliki kesempatan yang lebih dari pelamar kerja yang lainnya.

Kesimpulan

Itulah tadi 7 pertanyaan interview kerja untuk lulusan SMA atau SMK yang sering ditanyakan. Jika kamu berhasil menjawab pertanyaan pada saat wawancara dengan rasa percaya diri, jujur dan tidak gugup suatu saat nanti kamu pasti akan diterima kerja. Ingat untuk selalu berusaha karena hidup ini butuh proses bukan protes.

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama