Apa itu Backlink? Mengapa Penting untuk Blog dan Situs Web

Apa itu Backlink? Mengapa Penting untuk Blog dan Situs Web

gema.my.id - Apa itu Backlink? Mengapa Penting untuk Blog dan Situs Web. Backlink atau bisa juga disebut sebagai tautan masuk adalah salah satu faktor terpenting, dari banyak faktor lainnya yang akan membuat blog mana pun mendapat peringkat teratas di halaman mesin pencari. Halaman yang memiliki banyak backlink memiliki peringkat lebih tinggi di mesin pencari.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai apa itu backlink, mengapa sangat penting untuk kelangsungan blog maupun situs web untuk bersaing di peringkat teratas pada mesin pencari. Selain itu, akan ada beberapa tips untuk membuat backlink berkualitas buat meningkatkan situs anda.


Apa itu Backlink?

Backlink terbentuk ketika situs web A, menyebutkan atau menampilkan situs web B di halaman mereka melalui tautan yang dapat diklik. Atau, Anda dapat mengatakan ketika sebuah halaman web menautkan ke halaman web lain dari domain yang berbeda maka itu disebut backlink.

Backlink adalah kata yang paling sering di bicarakan dalam teknik SEO. Maka tak ayal jika backlink sangat penting untuk pengoptimalan mesin pencari. Ada juga beberapa jenis backlink yang bisa dibuat untuk blog yang akan kita bahas secara detail nanti. Namun, Backlink akan terbagi berupa link dofollow dan nofollow.


Mengapa Backlink itu Penting?

Mesin pencari seperti google atau bing, akan mempertimbangkan beberapa faktor untuk menentukan peringkat semua situs web di SERP (search engine results page) dan Backlink merupakan salah satu faktornya, agar anda bisa bersaing dengan situs kompetitor di halaman mesin pencari.

Ketika anda mendapatkan backlink dari situs web yang mempunyai otoritas tinggi, peringkat dan visibilitas situs web anda di mesin pencari akan meningkat secara otomatis. Maka dari itu backlink sangat penting karena akan membantu mesin pencari untuk menentukan seberapa otoritatif situs Anda di SERP.

Backlink bagaikan pengesahan konten situs web Anda oleh situs web lain yang mengarah ke situs web Anda. Namun tidak semua backlink bagus. Backlink yang berasal dari situs ilegal atau spam akan berdampak negatif dan bahkan membuat Anda mendapat penalti dari mesin pencari untuk situs web atau blog anda.

Jadi, sangat disarankan untuk selalu mengecek jumlah backlink juga dari mana saja sumber backlink yang masuk ke situs anda. Cara mudahnya anda bisa menggunakan backlink checker tool gratis, lakukan itu secara rutin agar situs web atau blog anda selalu terkendali dari waktu ke waktu.

Sekarang, anda tahu tidak semua backlink bagus untuk situs web Anda. backlink dari situs web yang buruk dapat memberi Anda penalti. Selain itu perlu anda ingat, 1 backlink berkualitas lebih baik dan penting daripada anda memiliki 100 backlink dari situs web berkualitas rendah.


Mengapa Backlink Penting Untuk Situs Web?

Berikut ini tiga alasan mengapa backlink sangat penting untuk situs web atau blog anda.

1. Tingkatkan Kredibilitas dan Reputasi Situs Web

Mesin pencari seperti Google melihat backlink sebagai reputasi. Backlink dari situs web lain akan meningkatkan otoritas situs web Anda. Ini semacam voting atau rekomendasi untuk mesin pencari. Namun, penting untuk mendapatkan backlink dari situs web yang sesuai dengan topik atau niche anda.

Misalnya, Anda memiliki blog tentang puisi, maka backlink dari blog teknologi tidak akan berfungsi dengan baik jika dibandingkan dengan backlink dari blog puisi. Google akan mencoba memberikan hasil terbaik kepada pengguna, ketika situs web Anda memiliki backlink, itu merupakan semacam kredibilitas situs web Anda ke google.

2. Tingkatkan Peringkat Organik dan Membantu Pengindeksan Lebih Cepat

Backlink membantu robot mesin pencari untuk menemukan halaman baru dengan mudah. Ketika halaman saling berhubungan atau memiliki beberapa backlink dari halaman lain selain ditemukan oleh mesin pencari, bot menjadi mudah. Yang mengarah ke pengindeksan lebih cepat & peringkat lebih tinggi dalam waktu yang lebih singkat.

3. Meningkatkan Lalu Lintas

Backlink akan membantu meningkatkan lalu lintas rujukan ke situs web atau blog Anda. Dengan bantuan backlink yang tertaut dari halaman situs web lain, Anda bisa mendapatkan lalu lintas bertarget yang akan memiliki low bounce rate (rasio pentalan yang rendah).


Jenis-jenis Backlink

Setelah anda mengetahui bahwa backlink sangat penting untuk situs web atau blog anda di mesin pencari. Anda juga perlu mengetahui beberapa jenis backlink.

1. Backlink Komentar Blog

Anda bisa mendapatkan backlink gratis dengan berkomentar di sebuah posting blog. Backlink komentar adalah metode lama juga sangat sederhana untuk mendapatkan banyak backlink secara gratis. Namun, cara ini masih berfungsi dan masih banyak dilakukan oleh pakar SEO.

Silahkan anda cari blog yang menggunakan topik atau niche sama dengan Anda dan lakukan komentar yang berarti di setiap posting, tidak hanya mengucapkan terima kasih atau posting yang bagus. Cobalah memberikan komentar yang berhubungan dengan artikel, seperti menambah nilai pada postingan.

2. Backlink Guest Post

Jika anda menemukan situs web atau blog yang menyediakan guest post (posting tamu), anda bisa mendapatkan backlink dengan menulis postingan yang memiliki link ke situs anda dalam kiriman artikel. Tapi itu mungkin harus mendapatkan persetujuan dahulu dari sang pemilik situs web.

Carilah situs web dengan niche sama untuk membuat guest post dan cobalah menulis artikel yang menambah suatu nilai ke situs web mereka. Jadi, jangan hanya menulis demi mendapatkan backlink. Cobalah untuk memberikan nilai agar Anda bisa mendapatkan backlink dari mereka.

3. Backlink Forum

Anda juga bisa mendapatkan backlink melalui forum. Anda dapat mendaftar di forum mana pun, isi data akun yang biasanya memiliki opsi situs web di profil. Namun sebelum mendaftar di forum, anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu otoritas domain atau spam skor forum. Ini berguna untuk menghindari nilai backlink buruk untuk situs anda.

Lakukan interaksi dengan anggota lain di sana dan cobalah untuk memberikan saran atau masukan terbaik pada masalah mereka. Intinya yang terpenting adalah usahakan untuk tetap aktif di forum dan jangan pernah sesekali membuat spam dengan menautkan link Anda.

4. Backlink dari Testimonial

Anda bisa mendapatkan backlink melalui halaman testimonial. Terutama jika anda merupakan seorang influencer di niche Anda, perusahaan dari niche Anda akan senang bila anda menulis ulasay di halaman testimonial mereka.

Hadirnya Anda di halaman testimonial mereka tentunya akan meningkatkan kredibilitas bisnis mereka. Jadi, dalam hal ini, Anda bisa mendapatkan backlink dari profil Anda jika Anda mau dan biasanya ulasan testimonial ini ada di halaman utama.

5. Backlink Infografis atau Gambar

Jika Anda dapat membuat infografis yang unik dan tampak bagus, itu tidak hanya akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak share di media sosial. Kemungkinan itu bisa menjadi viral dan yang terpenting dapat menarik backlink ke situs web Anda.

6. Backlink Editorial

Jenis backlink ini dapat memberi Anda otoritas dan lalu lintas yang sangat hebat. Backlink dari situs web berita resmi seperti Detik.com atau di luar negri seperti Guardian dapat termasuk dalam kategori ini.

7. Backlink Direktori Khusus

Tidak semua direktori bagus jadi berhati-hatilah memilih, sebelum mendapatkan backlink dari direktori. Utamakan pilih direktori yang memiliki reputasi baik. Jika anda mengirimkan blog atau situs web Anda ke direktori dengan reputasi buruk, maka akan berdampak pula pada reputasi situs web anda. Jadi, sekali lagi saya akan sarankan anda hati-hati memilih direktori sebelum mengirimkan link anda.


Tips Membangun Backlink

Berikut tips yang perlu anda lakukan sebelum merencanakan membangun sebuah backlink untuk situs web atau blog anda.

  • Jangan terburu-buru atau membeli layanan yang dapat memberi anda pembuatan backlink massal.
  • Fokus pada hanya pada backlink yang berkualitas, bukan kuantitas backlink yang buruk.
  • Buatlah backlink yang terlihat natural.
  • Membangun backlink berkualitas membutuhkan waktu dan tenaga.
  • Tidak semua backlink bagus, jadi pilihlah backlink dengan hati-hati.
  • Cobalah untuk mendapatkan backlink dari situs web yang relevan dengan niche atau topik situs web anda.
  • Jangan melakukan spam dimanapun, karena backlink seperti itu tidak bermanfaat sama sekali dan bahkan dapat berdampak buruk pada situa web atau blog anda.

Istilah Dalam Teknik Backlink

Sebagai pelengkap posting mengenai backlink ini, ada beberapa istilah atau glosarium yang sering digunakan oleh seseorang terkait dengan pembuatan backlink, seperti berikut.

1. Backlink DoFollow

Backlink DoFollow, memungkinkan mesin pencari untuk mengikuti link atau tautan anda. Ini akan memberikan link juice. Jika tautannya adalah dofollow, maka mesin pencari dan manusia dapat mengikuti Anda melalui tautan itu.

2. Backlink NoFollow

Ini merupakan kebalikan dari backlink dofollow. Backlink nofollow, tidak akan memungkinkan mesin pencari untuk mengikuti Anda. Itu tidak melewatkan link juice dan hanya akan memberikan backlink no-follow.

3. Link juice

Link juice adalah nilai yang diteruskan dari satu halaman ke halaman lain. Itu dilewatkan melalui hyperlink oleh satu situs web ke situs web lain dengan memungkinkan mesin pencari untuk mengikuti tautan itu. Karena mesin pencari melihatnya sebagai rekomendasi oleh situs web lain untuk ditautkan. Ia menganggapnya sebagai informasi berharga yang dirujuk dan dipromosikan orang lain juga di situs web mereka

4. Anchor Text

Anchor text adalah judul dari link atau teks terlihat yang dapat diklik dengan hyperlink. Biasanya warnanya biru tapi beberapa tema situs web bisa merubah warnanya sesuka hati.

5. Internal links

Merupakan sebuah tautan internal yang mengarah ke domain yang sama, yaitu tautan dalam situs web ke halaman miliknya. Ini berpindah dari satu halaman ke halaman berbeda dengan domain yang sama. Ini berguna sebagai navigasi di situs web anda.

6. Low-quality links atau Bad Backlinks

Backlink buruk berasal dari situs web yang tidak relevan dan tidak tepercaya. Termasuk juga dari situs yang melanggar pedoman webmaster google. Sangat dianjurkan untuk memeriksa latar belakang situs web, sebelum anda berencana untuk mendapatkan backlink darinya. Jadi, situs web yang diberi sanksi dari mesin pencari tidak akan berdampak baik bagi situs web Anda.

7. Linking Root Domain

Itu adalah beberapa domain unik yang tertaut ke situs web Anda. Anda mungkin mendapatkan banyak backlink dari situs web mana pun, tetapi itu akan dihitung sebagai satu domain akar.


Kesimpulan

Sampai disini saya harap anda sudah mengerti mengapa sebuah backlink sangat penting untuk situs web atau blog. Namun, anda juga perlu berhati-hati jika ingin membangun sebuah backlink yang diharapkan bisa meningkatkan peringkat situs anda di mesin pencari.

Saya akhiri postingan mengenai Apa itu Backlink? Mengapa Penting untuk Blog dan Situs Web. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan jika ada kekurangan, jangan sungkan untuk menyampaikan lewat kolom komentar dibawah.
See you...

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama