Tips dan Cara Membersihkan Bagian Kompor yang Benar

Cara Membersihkan Bagian Kompor

gema.my.id - Membersihkan kompor gas secara menyeluruh, memang membutuhkan banyak waktu dan tentunya cukup merepotkan. Namun, hal tersebut tidak terlalu susah untuk dilakukan, jika Anda mengetahui cara yang baik dan benar.

Setelah selesai memasak menggunakan kompor gas, pasti akan ada kotoran seperti minyak maupun bumbu dapur yang menempel pada bagian kompor. Jika dibiarkan saja kotoran akan lengket, sehingga Anda akan kesulitan membersihkannya.

Oleh karena itu, sehabis penggunaan biasakan mengelap bagian kompor gas yang kedapatan terkena noda-noda sisa memasak. Dimana akan menghindari karatan dan menjadikan kompor gas tahan lama.

Cara Membersihkan Kompor Gas

Jika memang Anda tidak sempat membersihkan kompor gas secara rutin, yang menebabkan banyak kerak di seluruh bagian kompor. Anda perlu membersihkannya secara menyeluruh pada setiap komponen penting di kompor gas.

Bagaimana cara membersihkan kompor gas yang benar? Nah, berikut ini kami berikan tips untuk memudahkan Anda dalam membersihkan kompor gas secara menyeluruh dengan benar.

1. Bersihkan Ring Kompor Gas

Cara Bersihkan Ring Kompor Gas

Biasanya pada setiap produk kompor gas memiliki ring yang mudah untuk dibongkar-pasang. Jadi Anda bisa langsung melepasnya dari tungku kompor.

Namun jika kompor gas yang Anda miliki menggunakan ring yang ternyata menyatu dengan tungku. Anda perlu membaca buku pantuan kompor gas, untuk dapat melepaskannya dari tungku.

Setelah ring dilepas, siapkan wadah yang berisi air panas dan tambahkan secukupnya sabun cair, bisa juga menggunakan satu sendok makan asam sirsat.

Rendam ring kompor gas selama 2-3 jam, sampai noda, kotoran, dan kerak yang menempel pada ring perlahan terangkat.

Kemudian sikat sampai bersih secara menyeluruh, Bilas dengan air bersih dan lap dengan kain hingga kering.

2. Bersihkan Seluruh Permukaan Kompor Gas

Bersihkan Seluruh Permukaan Kompor Gas

Bersihkan kotoran padat di permukaan kompor gas menggunakan kain dengan cara dilap. jika susah, gunakan cairan pembersih dengan cara menyemprotkannya.

Tunggu sebentar sampai kotoran terangkat, lalu lap secara perlahan sampai semua kotoran tidak tersisa lagi di permukaan kompor.

Untuk membesihkan permukaan kompor gas, anda tidak perlu membilasnya dengan air. Cukup Anda lap saja hingga bersih.

3. Bersihkan Bagian Dalam Kompor Gas

Bersihkan Bagian Dalam Kompor Gas

Sehabis memasak sisa-sisa makanan biasanya berjatuhan ke dalam bagian kompor. Walaupun tidak terlihat secara langsung, penting juga untuk membersihkan bagian dalam kompor.

Cara membersihkannya Anda bisa memakai kuas atau kain lap yang bisa menjangkau bagian tersebut. Bersihkan secara perlahan sampai semua kotoran tidak tersisa di bagian dalam kompor gas.

4. Bersihkan Pipa Penghubung Tungku Kompor Gas

Bersihkan Pipa Penghubung Tungku Kompor Gas

Selanjutnya bersihkan pipa penghubung yang berada dibawah tungku. Sedangkan cara melepaskannya sangat mudah, karena terdapat kawat sebagai penguncinya.

Jika sudah dilepas, bersihkan pipa menggunakan air hangat dengan cara di lap. Pastikan juga bagian dalam pipa sudah bebas dari kotoran untuk mencegah kompor gas mampet.

5. Bersihkan Tungku Kompor Gas

Bersihkan Tungku Kompor Gas

Terakhir, Anda harus membersihkan tungku kompor gas. Namun perlu di ingat, jangan menggunakan cairan pembersih seperti sabun. Karena akan menebabkan kelembaban, yang mengkibatkan kompor gas susah nyala.

Jadi, Anda cukup membersihkannya dengan cara di lap saja. Namun jika diperlukan pembersihan mengunakan sabun dan air, Anda harus segera mengeringkannya setelah selesai dibersihkan.

Nah, sekian artikel kali ini mengenai tips membersihkan kompor gas, semoga bermanfaat. Sampai jumpa...

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama