Resep Memasak Soto Ayam Khas Medan Anti Ribet

Resep Membuat Soto Ayam Khas Medan. Soto ayam adalah sebuah sup jenis sup ayam dengan ciri khas nya yaitu kuah yang berwarna kuning. Soto Ayam merupakan Makanan khas Indonesia yang sudah banyak dikenal dan disukai banyak orang. Kepopuleran soto ayam membuatnya mudah ditemukan diberbagai daerah di Indonesia dengan rasanya yang khas pada masing-masing daerah tersebut. Seperti soto yang terdapat di Jawa dan soto Medan yang menggunakan daging ayam sebagai bahan dasar.

Soto Ayam Khas Medan Cara memasak soto ayam khas medan yang paling mudah dan wajib anda dicoba di rumah. Soto Medan asli juga sangat popular dengan kuah soto yang lezat dan begitu gurih. Resep soto medan,  ayam kampung atau bisa juga dengan menggunakan daging sapi, memiliki cita rasa bumbu serta rempah tak kalah Istimewa dengan banyak sekali soto popular khas nusantara lainnya. Kamu bisa membuat Soto Ayam Khas Medan menggunakan 32 bahan dan cara membuat 7. Berikut ini adalah cara meresep nya.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Soto Ayam Khas Medan

  1. Tambahkan 1 kg dari ayam.
  2. Tambahkan 1/2 liter dari Santan kental.
  3. Persiapkan 1.2 liter dari Air untuk merebus ayam.
  4. Campurkan dari Bumbu halus :.
  5. Campurkan 30 gr dari Bawang merah.
  6. Campurkan 5 siung dari Bawang putih.
  7. Campurkan 2 ruas dari kunyit.
  8. Persiapkan 2 ruas dari jahe.
  9. Campurkan 3 buah dari cabai keriting.
  10. Tambahkan dari Bumbu rempah :.
  11. Campurkan 5 cm dari lengkuas (geprek).
  12. Tambahkan 3 batang dari serai (geprek).
  13. Persiapkan 4 buah dari kapulaga.
  14. Campurkan 1/2 buah dari pala (rendam beberapa menit lalu geprek/di haluskan).
  15. Campurkan 3 buah dari bunga Lawang.
  16. Persiapkan 5 buah dari cengkeh.
  17. Persiapkan 5 cm dari kulit manis.
  18. Persiapkan 3 lembar dari Daun salam.
  19. Tambahkan 7 lembar dari Daun jeruk.
  20. Campurkan 2 buah dari Tomat iris.
  21. Campurkan 2 batang dari daun bawang iris.
  22. Persiapkan Secukupnya dari Garam.
  23. Persiapkan Secukupnya dari merica.
  24. Campurkan Secukupnya dari Penyedap.
  25. Campurkan dari Bahan pelengkap:.
  26. Tambahkan dari Tauge di kukus atau di siram air panas hingga setengah matang.
  27. Persiapkan dari Telur rebus.
  28. Campurkan dari Kubis di kukus atau di siram air panas hingga setengah matang.
  29. Campurkan dari Mie hun yang sudah di rendam air panas hingga lunak.
  30. Tambahkan dari Kerupuk merah putih.
  31. Campurkan dari Jeruk nipis.
  32. Persiapkan dari Sambal.

Soto lainnya yang tidak kalah pamor adalah soto Lamongan. Resep soto ayam Lamongan, resep soto ayam kuning, resep soto medan, bumbu soto jawa. Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto ialah makanan ciri khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging serta sayuran. Misalnya Soto Lamongan, Soto Kediri, Soto Madura, Soto Jepara, Soto Semarang, Soto Kudus, Soto Betawi, Soto Padang, Soto Bandung, Soto Banjar, Soto Medan, Coto Makasar Untuk menghasilkan rasa khas resep soto lamongan asli, biasanya Soto Lamongan menggunakan ayam kampung muda.

Cara Cara Membuat Soto Ayam Khas Medan

  1. Potong ayam menjadi 4 bagian jika ayamnya masih utuh, kemudian cuci dan beri perasan air jeruk nipis dan garam lalu biarkan 5 menit kemudian bilas kembali hingga bersih dan sisihkan..
  2. Didihkan air, lalu masukkan ayam bersama daun salam, lengkuas, serai, merica, cengkeh, kapulaga, bunga Lawang, kulit manis, pala yang sudah di geprek, penyedap, dan juga garam. Lalu masak ayam hingga benar-benar empuk..
  3. Sementara ayam di rebus, blender semua bumbu-bumbu yang akan di haluskan. Lalu tumis bersama daun jeruk dengan sedikit minyak goreng..
  4. Setelah ayam benar-benar empuk, keluarkan ayam dari dalam panci lalu sisihkan. Kemudian masukkan bumbu halus yang sudah di tumis sebelumnya dan biarkan hingga mendidih hingga 5 menit..
  5. Kemudian masukkan santan dan tetap di aduk agar santan tidak pecah. Lakukan hingga santan terlihat mengembang kira-kira 10 menit dan terakhir masukkan tomat juga daun bawang yang sudah di iris, dan biarkan mendidih sebentar saja lalu matikan kompor..
  6. Kemudian untuk ayam yang sebelumnya sudah di masak, goreng ayam sebentar saja dalam minyak panas lalu angkat. Setelah dingin pisahkan daging ayam dari tulang,kemudian sisihkan..
  7. Terakhir, tata semua bahan pelengkap dalam mangkuk seperti mie hun, tauge, kubis, telur rebus, ayam suwir lalu siram dengan kuah soto. Lalu taburi dengan bawang goreng, daun sup serta perasan jeruk nipis dan juga sambal. Kalau mau lebih lengkap boleh buat pergedel kentang agar lebih nikmat 🤗.

Soto ayam is a yellow spicy chicken soup with lontong or nasi himpit or ketupat (all compressed rice that is then cut into small cakes) and/or vermicelli or noodles, it is from Indonesia. Bukan cuma itu, jika soto ayam biasanya menggunakan ayam rebus, pada soto udang ayamnya dibakar setelah direbus. Tags: makanan khas medan, kue putu bambu medan, makanan enak medan, makanan khas medan yang pedas, aroma yang segar untuk santan, bubur ayam di jalan. Cara masak soto ayam khas medan yang paling mudah dan wajib dicoba di rumah yah. Soto Udang khas Medan ini sangat lezat dan gurih, karena perpaduan kuah dari santan dan kaldu ayam yang nikmat banget. Demikian lah tutorial Resep Membuat Soto Ayam Khas Medan.

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama