Cara Mengetahui Berapa Umur SSD Kalian

Pastinya kita tahu bahwa SSD adalah perangkat penyimpanan yang paling cepat dibandingkan dengan HDD dan juga SSHD dikarenakan memiliki teknologi nand flash yang hamper mirip dengan micro sd card cumin disini bedanya teknologinya diugrad sedikit sampai dengan kecepatan membaca dan menulis mencapai 5000mb/s.

Banyak sekali merk SSD dari segala brand, yang paling terkenal dan sering orang pakai itu SSD dari brand Samsung, WD Blue dan juga dari adata (team group)

Nahh dengan banyak sekali fitur dan juga manfaat kita memakai SSD perlu kita tahu bahwa SSD itu memiliki umur pemakaian, tidak seperti dengan HDD dikarenakan teknologi yang dipakai HDD jau sangat beda dibandingkan dengan SSD. Nahh maka dari itu bagaimana sih kita mengetahui umur SSD kita:

TBW (TeraByte Written)

Umur dari SSD dapatkita ketahui dari seberapa banyak data yang sudah kalian tulis dari SSD kalian, hal tersebut dinamakana sebagai TBW. Tidak semua brand ternama memberikan data dari TBW di kolom spesifikasi lengkap dari SSD mereka, maka dari itu kalian harus mencari tahu berapa sih TBW dari SSD yang ingin kalian beli. Contohnya itu seperti ini.


Misalnya, untuk SSD dengan kapasitas 250GB memiliki TBW sebesar 100. Artinya SSD tersebut bisa melakukan write atau menulis data sebanyak 100 TeraByte (100.000GB). Tentunya tiap brand SSD memiliki angka TBW yang berbeda yah. Lalu bagaimana cara mengetahui seberapa banyak SSD kita sudah menulis data?

Kalian bisa menggunakan CrystalDiskInfo untuk memeriksanya, Misalkan penggunaan kalian dalam sebulan melakukan write/menulis sebesar 1,3TB pada SSD seperti gambar di bawah.

*Write disini bukan hanya melakukan copy atau download file saja, tapi unistall juga termasuk yahh, jadi jika kalian pernah hapus filenya, tetap terjadi write/menulis.

Untuk contoh kasus diatas ini dengan TBW sebesar 100TB, maka kemungkinan SSD kalian memiliki batas umur 6 tahun setelah pemakaian, tapi harus kalian ingat bahwa setiap bulan kalian melakukan write/menulis sebesar 1,3TeraByte. Jadi kalau misalkan untuk penggunaan normal, pastinya SSD kalian dapat bertahan lebih lama lagi dan jika ada kerusakan, kecil kemungkinannya tersebut disebabkan oleh angka TBW tersebut sehingga kalian tidak perlu takut untuk beralih ke SSD.



*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama