Pelajaran Hidup Yang Bisa Diambil Dari Anime Kimi no Nawa

Pelajaran Hidup Yang Bisa Diambil Dari Anime Kimi no Nawa

Anime Kimi no Nawa (Your Name) atau kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia mempunyai arti "Nama Kamu?" merupakan salah satu anime movie yang sangat terkenal. Selain animenya yang terkenal, Authornya juga terkenal lho! Author atau penulis anime ini bernama Makoto Shinkai.

Baca Juga : 

> Rekomendasi Anime Seru Buatan Makoto Shinkai Selain Kimi no Nawa

Hal yang bisa diambil dari anime ini yaitu tentang "Tenggang Rasa" atau "Empati".

Pernah berfikir Kenapa sih orang lain itu gak mau ngertiin aku? 

Nah, sebenarnya bukan cuman orang itu yang tidak mau ngertiin kamu, tetapi kamu juga tidak mengerti orang itu.

Yang kamu butuhkan adalah sebuah rasa EMPATI. Apa itu Empati? Menurut KBBI kata Empati mempunyai arti sebuah kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik dan mencoba untuk mengambil sudut pandang sebagai orang lain. 

Atau lebih singkatnya sih "Memahami apa yang orang lain rasakan dengan mengambil sudut pandang sebagai orang tersebut".

Salah satu contoh atau bahkan contoh ekstremnya ada pada Anime Kimi no Nawa. Anime ini menceritakan tentang dua orang remaja. Remaja lelaki bernama Taki yang berasal dari kota Tokyo dan remaja wanita bernama Mitsuha yang berasal dari Itomori (sebuah desa terpencil). 

Pada suatu hari saat mereka bangun dari tidur, mereka mengalami kejadian aneh secara bersamaan yaitu jiwa mereka tertukar. Taki harus menjalani hidup sebagai Mitsuha dan begitupula sebaliknya.

Ya, ini merupakan contoh sulit sebuah empati. Bukan cuma mencoba memikirkan sudut pandang orang lain, tetapi mereka harus menjadi orang lain dengan menjalani kehidupan sebagai orang itu. Kalau mereka jujur mengaku bahwa mereka bertukar jiwa tentu saja akan dianggap seperti orang orang gila kan? 

Jadi, Bagaimana Caranya Berempati Yang Benar?

1. Kamu Harus Memahami Orang Lain

Pertama, kamu harus memahami orang lain, jangan malah menuruti ego mu yang tidak mau kalah. Coba pahami dengan berfikir seperti orang itu. Apa yang dia pikirkan? Apa yang dia inginkan?

2. Mencoba Berfikir Seperti Orang Lain

Cara berempati selanjutnya yaitu mencoba berfikir sebagai orang lain. Mengerti orang lain dengan mengambil sudut pandang orang lain. Kiasan untuk ini sering dikatakan sebagai "Stepping Into Someones Else Shoes" (Berjalan di Sepatu orang lain).

Dengan cara ini kamu akan mengerti kenapa sih orang itu berfikir seperti itu...

3. Mendengarkan Orang Lain

Mungkin kamu tidak usah berfikir sebagai orang lain, tetapi orang itu lah yang akan memberitahumu apa yang dia pikirkan.

Ini merupakan cara yang paling mudah diantara dua diatas. Yang harus kamu lakukan adalah menjadi pendengar yang baik untuk orang itu. 

Hasilnya adalah kamu akan mengerti apa yang orang lain pikirkan.

Itulah pelajaran yang bisa dipetik dari Anime Kimi no Nawa.

Bahwa kalau kamu ingin dimengerti oleh orang lain maka kamu juga harus ngertiin orang lain juga.

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama