7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

 Cara menjaga kesehatan mata – Mata menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat penting dan paling sering digunakan sehari-hari. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, mata adalah bagian yang paling banyak aktif. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan mata agar terbesar dari berbagai gangguan pengelihatan.


Menjaga kesehatan mata sebenarnya juga tidak terlalu sulit, bahkan bisa Anda lakukan sehari-hari. Dan berikut ini sudah kami siapkan beberapa cara menjaga kesehatan mata yang perlu Anda lakukan mulai sekarang.


Jaga Kesehatan Mata dengan Cara Ini


Mengingat pentingnya fungsi mata, maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan pada mata, yaitu:


1. Periksa Mata Rutin


Cara menjaga kesehatan mata yang pertama bisa Anda lakukan dengan memeriksa mata secara rutin, setidaknya 2 tahun sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah atau mendeteksi penyakitku mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia. Beberapa penyakit mata yang bisa muncul seiring bertambahnya usia seperti Glaukoma, Katarak, dan Degenerasi Makula.


Bahkan untuk orang dewasa yang berusia lebih dari 40 tahun dianjurkan memeriksa mata dua kali dalam satu tahun. Lewat pemeriksaan ini doket dapat memantau kondisi mata Anda dan mendeteksi masalah yang juga bisa muncul akibat penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.



  

2. Batasi Penggunaan Gadget


Di era digital ini hampir semua hal dilakukan lewat gadget, seperti smartphone dan komputer. Penggunaan gadget dalam waktu lama dan secara berulang setiap harinya bisa menyebabkan mata lelah. Gejala yang timbul seperti nyeri leher, sakit kepala, sakit punggung, mata kering, dan pandangan kabur.


Bagi Anda para pengguna gadget aktif sebaiknya mulai membatasi penggunaan dalam durasi yang tidak terlalu lama. Alihkan pandangan setiap 20 menit sekali selama 20 detik. Anda juga bisa menutup smartphone atau komputer untuk mengistirahatkan mata setiap 2 jam sekali.



3. Makanan Bergizi


Menjaga kesehatan mata juga bisa Anda lakukan dari dalam, yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega-3, vitamin A, vitamin E, vitamin C, selenium, dan lutein. Beberapa contoh makanan yang kaya akan gizi tersebut ialah salmon, sayuran hijau, wortel, tuna, kacang-kacangan, tomat, jeruk, dan telur.


Mengkonsumsi makanan yang bergizi akan menyehatkan tubuh secara keseluruhan, termasuk efektif sebagai salah satu cara menjaga kesehatan mata. Terlebih dengan makanan bergizi seimbang Anda juga mendapat manfaat lain seperti berat badan ideal, kulit lebih bersih, dan masih banyak lagi.


4. Hindari Sinar UV


Sinar Ultraviolet tidak hanya berbahaya bagi kulit, tapi juga pada mata. Efek berbahaya sinar UV bisa menyebabkan mata mengalami degenerasi makula, katarak, kornea terbakar, hingga kanker mata. Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan maka sebaiknya menggunakan kacamata anti UV yang dirancang khusus untuk memantulkan sinar UVA dan UVB.


Namun perlu diingat bahwa cara menjaga kesehatan mata dengan kacamata anti UV sifatnya hanya sementara sehingga Anda tetap tidak dianjurkan terpapar sinar UV dalam waktu lama. Anda juga bisa menggunakan topi dengan tepi yang lebar saat beraktivitas siang hari.


5. Berhenti Merokok


Kebiasaan merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, termasuk katarak dan kerusakan saraf optik pada mada. Dalam jangka panjang, penyakit ini bisa menyebabkan kebutaan hingga merusak retina mata.


Untuk itu bagi Anda perokok aktif sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan merokok secara perlahan. Setelah dirasa mampu maka Anda bisa menghentikan kebiasaan merokok sepenuhnya agar tubuh lebih sehat dan kesehatan mata lebih terjaga.


6. Kacamata Anti Radiasi


Cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih lainnya bisa Anda lakukan dengan memakai kacamata anti radiasi saat menggunakan komputer atau smartphone dalam waktu lama. Seperti yang sebelumnya sudah disinggung bahwa penggunaan komputer dan smartphone dalam waktu lama memang tidak sehat. 


Kacamata anti radiasi akan bekerja untuk memantulkan sinar biru dari gadget yang Anda gunakan. Selain itu, kacamata antiradiasi juga mampu mencegah mata lelah ataupun terasa sakit di area mata.




7. Jaga Kebersihan Skincare dan Make Up


Penggunaan skincare dan make up tak jarang bisa mentransfer bakteri ke mata Anda. Kondisi ini terjadi ketika peralatan skincare dan make up sudah lama tidak digunakan sehingga tumbuh bakteri di dalamnya. Peralatan yang tidak terjaga kebersihannya bisa membuat mata Anda terpapar bakteri yang menyebabkan penyakit.


Untuk itu sebaiknya Anda membuang peralatan yang tidak digunakan lebih dari 3 bulan. Selain itu pastikan Anda selalu mencuci wajah dengan bersih sebelum mengaplikasikan skincare dan make up. Apabila terjadi iritasi saat penggunaan skincare dan make up, maka Anda sebaiknya menghapus riasan dan segera memeriksa kondisi mata ke dokter. 

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama