Cara Mudah Mengatasi Laptop Not responding atau Hang, Ampuh!

Cara Mengatasi Laptop Not responding atau Hang

gema.my.id - Meskipun saat ini kebanyakan aktivitas bisa di lakukan lewat smartphone, namun tetap saja keberadaan laptop maupun PC sangat dibutuhkan. Pekerjaan atau tugas yang memperlukan program khusus seperti exel, tentunya akan lebih mudah di gunakan via laptop.

Berbeda dengan PC atau komputer, Laptop sangat flexible dan mudah dibawa kemana-mana saja. Maka tak ayal, laptop menjadi alat yang wajib dimiliki oleh setiap anak sekolahan, mahasiswa atau pekerja kantoran.

Walapun Anda mempunyai laptop berspeksifikasi tinggi, yang namanya barang elektronik tentu tak akan luput dari masalah. Salah masalah yang sering di alami laptop adalah hang ataupun not responding.

Cara Mengatasi Laptop Not responding atau Hang

Jika sering mengalami hal tersebut Anda tak perlu panik dan langsung bawa ke tempat servis laptop. Anda pun bisa memperbaikinya sendiri dengan cara mudah yang akan kami ulas pada posting kali ini.

Berikut cara mengatasi laptop not responding, hang atau lag dengan mudah dan sederhana :

1. Laptop Not Responding Setelah Booting

Jika pada saat Anda menyalakan laptop dan kemudian masuk ke salah satu aplikasi, namun mengalami masalah not responding. Anda bisa mengatasinya dengan cara dibawah ini.

  • Pertama tekan Ctrl + Shift + Esc atau bisa juga Ctrl + Alt + Del nantinya akan masuk ke menu task manager.
  • Pilih aplikasi yang mengalami not responding. Pilih end task lalu restart laptop Anda.
  • Selesai restart laptop Anda kembali normal.

2. Masalah Hang Saat Booting

Apabila Anda Mengalami hang pada saat proses booting sebaiknya restart kembali menggunakan tombol power. Selanjutnya Anda akan masuk ke menu BIOS. Biasanya tiap merek laptop mempunyai kombinasi tombol yang berbeda untuk masuk ke menu BIOS.

  • Jika sudah masuk Pilih Adavance Bios Feature.
  • Cari Bios canche, lalu Disable.
  • Tekan F10 lalu Enter, Selesai.
  • Silahkan masuk seperti biasa.

3. Laptop Hang saat bermain Games

Masalah laptop hang saat bermain games biasanya terjadi karena spesifikasi laptop tidak memadai untuk menjalankan game atau terlalu rendah. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh kerusakan komponen seperti hardisk, kipas mati atau melemah yang menyebabkan RAM, VGA dan Procesor panas.

Solusinya Anda bisa mengikuti cara seperti dibawah ini:

  • Pasang kipas external saat bermain game.
  • Sebelum menginstal game sebaiknya baca terlebih dahulu standart minimal spek laptop tersebut. Jika tidak memenuhi spesifikasi sebaiknya Anda uninstall game tersebut.
  • Jika laptop anda masih hang, lag atau not responding, bisa dipastika ada masalah pada bagian komponen laptop seperti VGA, Procesor, Kipas Internal atau Hardisk. Jika sudah seperti ini, tidak ada cara lain selain Anda bawanya ke tukang servis laptop.

Kesimpulan

Nah, seperti itulah cara mengatasi laptop yang tiba-tiba mengalami lag, hang atau not responding secara mudah dan sederhana. Namun cara diatas tidak berhasil mengatasi masalah tersebut, baru di bawa ke tempat servis laptop terpercaya.

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama