2 Cara Mengembalikan Suara Laptop yang Hilang

Pernah gak sih ketika kamu membuka laptopmu suara di laptopmu tidak keluar padahal baru saja kemarin kamu pakai dan masih baik-baik saja. Tentu hal ini membuat beberapa orang frustasi.

Dijaman sekarang ini kebutuhan manusia terhadap laptop sudah tidak terbendung lagi apalagi bagi pekerja kantoran ataupun pelajar. Ada berbagai macam merk laptop yang di produksi dengan berbagai macam spesifikasi. Beberapa merk laptop yang biasa kamu dengar asus,Lenovo,acer atau Hp dan lainnya.

Laptop yang digunakan seiring berjalannya masa pemakaiannya tentu akan mengalami penurunan dan tentu saja akan ada beberapa kendala yang dihadapi, salah satunya suara laptop yang tiba-tiba hilang. Sebelum kita masuk ke caranya sebaiknya kamu harus tau dulu apa yang menyebabkan suara laptopmu hilang.

Penyebab suara laptop hilang

  1. Pengaturan volume 0%, mungkin penyebab suara laptop yang hilang adalah karena sebelumnya kamu mematikan suara laptop hingga 0%. Namun, mungkin kamu lupa menyalakan suara laptopnya kembali
  2. Mute, Walaupun volume suara di laptopmu 100% tapi bila di mute tentu suaranya akan hilang, Hal ini mungkin saja terjadi karena tanpa sengaja kamu menekan tombol mute pada keyboardmu
  3. Masalah driver, Ini yang banyak terjadi pada laptop yaitu driver pada laptop bermasalah. Setiap perangkat keras pastinya membutuhkan driver. Jika driver bermasalah maka suara laptop hilang. Salah satu yang menyebabkan driver laptop bermasalah yaitu ketika windows mengupdate dan gagal menginstal. Hal itulah yang menyebabkan suara laptop hilang.

Nah setelah kamu sudah tahu beberapa masalah yang dapat menyebabkan suara laptop hilang selanjutnya dibawah ini akan membahas mengenai cara mengatasi suara laptop yang hilang.

1. Unable device

Cara yang pertama umum dilakukan orang karena terbilang sangat mudah. Cara ini bisa kamu lakukan baik di windows 7,8 dan 10. Berikut ini langkah-langkahnya

  • Tekan windows pada keyboard
  • Tulis device manager
  • Cari audio inputs dan outputs
  • Klik dan plilih bagian speaker
  • Klik kanan dan pilih disable device
  • Lalu klik kanan dan enable device

Done, suara laptopmu bisa muncul lagi dengan memutar sebuah film atau lagu. Bila cara yang diatas tidak berhasil kamu bisa coba cara yang dibawah.

2. Uninstal driver

Cara yang ini mungkin agak sulit karena kamu harus uninstall driver speaker laptop dan menginstalnya lagi. Kamu harus menginstal driver yang sesuai dengan tipa laptopmu agar hardware yang ada pada laptopmu bisa berfungsi. Berikut ini langkah-langkahnya

  • Tekan windows pada keyboard
  • Tulis device manager dan enter
  • Cari sound dan unistal driver

Gunakan 3dchip untuk menginstal ulang driver laptop. 3dchip ini otomatis akan mengisntal driver yang sesuai dengan tipe laptopmu. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengembalikan suara laptop yang hilang namun cara diatas merupakan cara yang paling umum dan jitu digunakan untuk mengembalikan suara laptop yang hilang.

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama