Cara Membuat Proposal Bisnis yang Menarik


Proposal bisnis adalah dokumen utama yang paling penting dan dibutuhkan bagi siapa saja yang ingin membuka usaha. Proposal ini biasanya dibuat sebagai rancangan ke depan mengenai bisnis yang akan dibuat. Bagaimana cara membuat proposal bisnis yang menarik untuk menggait investor?

Beberapa Cara Membuat Proposal yang Menarik

Memulai suatu bisnis memang membutuhkan modal terutama dalam hal pembiayaan. Bagaimana jika tidak memiliki biaya yang cukup untuk membuat usaha? Tak perlu berkecil hati karena Anda bisa mencari investor yang bisa memberi bantuan pendanaan usaha melalui proposal bisnis yang menarik.

1. Buat Proposal dengan Desain yang Menarik

Desain yang menarik pada sebuah proposal bisnis akan memberi impresi pertama yang bagus di mata investor. Sehingga mereka tak akan segan untuk mendalami proposal yang telah diajukan. Berbeda dengan proposal yang terlalu biasa tanpa disuguhi dengan desain yang menarik.

Anda bisa membuat desain yang menarik dengan berbagai platform yang ada di komputer. Microsoft Word, Microsoft Power Point, dan aplikasi lainnya bisa dimanfaatkan untuk membuat proposal yang menarik. Semakin up to date versi yang digunakan biasanya tersedia desain yang lebih beragam.

2. Beri Penjelasan yang Detail dan To The Point

Investor yang ingin menginvestasikan uangnya untuk mendanai suatu bisnis tentu harus mengetahui dengan jelas apa saja rencana dan rancangan bisnis yang dibuat oleh calon penerima investasi. Buat penjelasan secara detail mengenai bisnis Anda namun tetap to the point dan tidak bertele-tele.

Beri alasan mengapa investor harus berinvestasi pada bisnis Anda dan apa saja keuntungan yang akan didapatkan. Buat rancangan yang terstruktur untuk bisnis dalam jangka waktu tertentu agar investor memiliki bayangan tentang masa depan bisnis yang akan dibuat.

3. Buat Laporan Keuangan Secara Detail

Tujuan investor berinvestasi tidak lain adalah karena ingin mendapatkan profit atau keuntungan. Anda harus memperhatikan sebaik mungkin laporan keuangan secara lengkap terkait bisnis yang akan dibuat. Buat dengan detail modal dan aset yang diperlukan, profit margin, hingga break event point.

Tiga hal di atas adalah poin penting yang harus dicantumkan sebagai tips dan cara membuat proposal bisnis yang menarik.

Kesimpulan

Banyak cara untuk membuat proposal bisinis yang menarik namun tiga hal diatas merupakan point utama dalam membuat proposal bisnis yang menarik. Semakin bagus dan menariknya proposal bisnis yang kamu buat tentu semakin besar peluangmu agar menjadi yang terbaik.

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama