Contoh dan Cara Membuat Proposal Bisnis yang Baik dan Benar


Sudah menjadi rahasia umum bagi yang ingin sukses di dunia bisnis tidak lepas dari keahlian dalam membuat dan Menyusun rencana bisnis dengan baik dan benar. Proposal bisnis bisa dapat diterima bila memiliki rincian data dalam membangun suatu usaha.

Proposal bisnis yang memiliki plan baik mulai dari awal hingga 5 tahun depan harus sudah terencanakan. Maka dari itu plan bisnis merupakan hal terpenting yang harus dibuat untuk kelancaran bisnis.

Membuat proposal bisnis wajib tidak bersifat kaku ataupu bertele-tele agar mudah diterima di berbagai dunia industri. Namun untuk menguasai hal tersebut tentu kita harus rajin-rajin meilihat contoh proposal bisnis dan belajar cara membuatnya.

Lalu bagaimana cara bikin proposal dan seperti apa contoh proposal bisnis? Berikut beberapa contoh dan cara membuat proposal bisnis yang menarik.

Cara membuat proposal bisnis yang menarik

Umunya proposal tidak hanya digunakan untuk bisnis namun biasanya sebagai dokumen pengajuan mulai dari investor, organisasi atau Lembaga pemerintah dan swasta. Terlepas dari apapun proposal yang akan disusun nantinya, pada dasarnya struktur proposal sama. Hanya saja gaya penulisannya berbeda mengikuti jenis bisnis yang akan diajukan. Berikut ini merupakan dasar-dasar cara membuat proposal bisnis yang menarik.

1. Halaman pendahuluan

Pendahuluan biasanya menjelaskan tentang latar belakang usaha serta visi dan misi, gambaran bisnis dan kondisi pasar. Tulislah dengan gaya Bahasa yang baku dan langsung kepada intinya.

2. Profil usaha

Buatlah profil usaha kamu dengan penjelasan singkat terkait nama bisnis, model usaha dan mencantumkan alamt bisnis. Semakin lengkap data profil yang kamu buat maka semakin baik buat dimata investor.

3. Struktur perusahaan

Walaupun bisnis yang kamu buat tergolong kecil, tetaplah membuat struktur organisasi usaha kamu dalam meliputi pemiliki, pengelolah, marketing dan sesuaikanlah dengan system perusahaan yang ada.

4. Detail produk

Detail produk membahas jasa atau produk yang ditawarkan. Buatlah sedetail mungkin agar invertor bisa melihat gambaran kedepannya. Uraikanlah informasi terkait metode, spesifikasi dan keunggulan produk kamu dibandingkan produk lainnya.

5. Target pemasaran

Target pasar wajib kamu jelaskan dalam proposal bisnis, berikanlah data terbaru agar lebih meyakinkan invertor. Jangan lupa membuat profil konsumen sebagai pelengkap.

6. Laporan keuangan

Halaman ini harus kamu buat secara terperinci mengenai laporan keuangan. Banyak proposal bisnis yang gagal karena halaman ini tidak sesuai dengan perkiraan invertor. Jadi buatlah setransparan mungkin sehingga proposa kamu layak diterima.

7. Kalimat Penutup

Bagian ini harus terlihat terkesan pasalnya bila kamu mengucapkan kalimat terimakasih atau pujian maka investor akan yakin dengan proposal bisnis yang kamu buat.

Contoh proposal bisnis makanan

Beberapa hal yang harus ada di dalam proposal bisnis makanan

  • Ringkasan bisnis makanan
  • Latar belakang
  • Visi dan misi
  • Model bisnis
  • Analisis SWOT
  • Detail produk

Contoh proposal bisnis usaha atau jasa

Beberapa bagian yang wajib ada di dalam proposal usaha

  • Ringkasan bisnis jasa
  • Latar belakang
  • Teknik marketing
  • Analisis SWOT
  • Rincian Keuangan
  • Resiko bisnis

Kesimpulan

Sebelum mengirim atau memprint proposal bisnis alangkah baiknya kamu mengecek ulang dan meilhat agar tidak ada kesalahan typo dalam menulis. Setelah kamu mempelajari struktru proposal bisnis dapat disimpulkan bahwa strukturnya tidak jauh berbeda.

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama