3 Perbedaan Android dan iOS Yang Jarang Diketahui

Sudah menjadi rahasia umum jika android dan iOS termasuk sistem operasi yang terbaik setelah menggeser Blackberry, Windows Mobile, Symbian, MeeGo, dan WebOS. Keduanya berhasil menguasai pasar dunia dengan jumlah penjualan yang luar biasa sehingga dinobatkan sebagai sistem operasi paling populer saat ini.

Hal tersebut tentu mengundang banyak pihak konsumen untuk mengetahui letak kelebihan serta perbedaan android dan iOS demi mendapatkan perangkat terbaik dari yang terbaik. Lantas faktor apa yang mempengaruhi pengguna memilih android atau iOS ?

Perbedaan Android dan iOS

Seperti yang sudah kita ketahui android adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google, sedangkan iOS dikembangkan oleh Apple Inc. Kedua perusahaan tersebut sama – sama berpusat di amerika serikat namun memiliki perbedaan dalam segi program bahasa yang digunakan.

Android sendiri menggunakan bahasa program yang disebut Java, dan saat ini juga mendukung Kotlin sebagai bahasa pemrograman. Sedangkan iOS saat ini menggunakan Swift sebagai bahasa resmi pengebangan setelah sebelumnya memakai Objective-C.

Lalu apa perbedaan dimata konsumen untuk memantapkan pilihan mereka ? Berikut ini beberapa perbedaan android dan iOS yang jarang diketahui.

1. Jenis Perangkat Lunak

Perbedaan yang pertama yaitu terletak pada jenis perangkat lunak yang mereka gunakan. Android menerapkan sumber perangkat lunak terbuka, atau istilah lainya “Open Source”. Hal ini memungkinkan pengguna bebas memodifikasi.

Sedangkan iOS menerapkan “Closed Source” yang artinya pengguna tidak di ijinkan memodifikasi dalam bentuk apapun.

2. Tingkat Keamanan Aplikasi

Setiap aplikasi android yang beredar di playstore akan diverifikasi secara otomatis oleh sistem google Paly Protect sebelum dipublikasikan. Sedangkan iOS melakukan verifikasi secara manual yang dikerjakan oleh tenaga ahli, kurang lebih waktu yang dibutuhkan 1 bulan lamanya.

Dari kedua lapisan keamanan tersebut memang tidak ada yang sempurna, namun anda bisa menyimpulkan terkait koitmen keamanan yang benar – benar serius diterapkan.

3. Keamanan Privasi Pengguna

Seiring terbukanya ruang untuk memodifikasi, android akan lebih rentan serangan karena dampak dari kebebasan yang diberikan kepada developer. Berbeda dengan iOS yang menerapkan Closed Source, secara tidak langsung mencegah celah yang bisa dimanfaatkan oleh oknum tertentu.

Kesimpulan

Dari segi perbedaan android dan iOS yang telah kita bahas, mungkin bisa disimpulkan perangkat mana yang lebih cocok untuk kalian. Namun perlu diketahui, sudut pandang ini diambil secara pribadi dan tidak mewakili pandangan resmi terkait keandalan masing – masing pengembang.

Nah mungkin itu saja yang bisa kita sampaikan, semoga informasi ini bisa memberi wawasan dalam memilih jenis handphone yang terbaik.

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama