Cara Submit Sitemap Blogger ke Google Search Console

Cara Submit Sitemap Blogger

gema.my.id - Sitemap adalah sebuah file XML berisi tentang informasi halaman, posting, gambar, dan video yang ada situs atau blog anda. Dengan ada Sitemap akan memudahkan mesin pencari seperti Google untuk merayapi setiap elemen situs web anda.

Google dapat dengan mudah merayapi semua halaman dan posting pada situs web atau blog anda jika sitemap dengan benar ditautkan pada Google Search Console, walaupun blog anda baru struktur yang belum tertata rapi.

Melakukan submit sitemap blog ke Google search console merupakan hal yang wajib dilakukan oleh pemilik blog baru, ini sangat penting agar situs web atau blog anda memiliki reputasi baik dimata mesin pencari Google.

Pada posting kali ini mari kita belajar cara untuk submit sitemap blogger atau blogspot. Caranya sangat mudah dilakukan meskipun anda tidak memiliki pengetahuan teknis tentang kode-kode rumit HTML maupun Script.

Nah, langsung saja kita simak langkah-langkahnya untuk submit sitemap blogger ke Google Search Console.

Daftar Blog ke Google Search Console

Langkah pertama adalah anda harus menabahkan blog ke Google Search Console, namun saya rasa blog anda secara otomatis akan langsung terdaftar di Search Console karena blog yang di buat menggunakan blogger atau blogspot.

Namun, jika blog anda belum terdaftar di Google search console, silahkan anda menambahkan blog anda terlebih dahulu pada menu add properti yang ada di menu sebelah kiri.

Tambah Properti Blog di GSA

Jika anda menggunakan Kustom domain silahkan isi alamat situs anda seperti gambar diatas, tapi jika anda masih menggunakan subdomain dari blogger yakni blogspot.com gunakanlah jenis properti disebelahnya.

Silahkan isi dengan url full bersama http:// atau https://. Dan juga www jika anda menggunakan kustom domain. Setelah mengisi alamat blog anda, kemudian klik tombol TERUS.

Verifikasi Otomatis GSC

Karna kita membuat blog di blogger atau blogspot biasanya akan ter-verifikasi secara otomatis. Ini merupakan kelebihan pengguna blogger.com. Jika tidak maka kita harus memverifikasi blog terlebih dahulu.

Verifikasi Blog di Google Search Console

Ada lima opsi untuk mem-verifikasi blog yang ada di Search console, tapi karena kita menggunakan blogger atau blogspot. Silahkan ada pilih opsi Menggunakan HTML Tag untuk langkah verifikasi blog di Search console.

Verifikasi Blog Menggunakan tag HTML

Selanjutnya silahkan copy kode atau tag HTML yang diberikan oleh Search console, kemudian anda buka tab baru di browser lalu login ke blogger.com, masuk ke Tema > Edit HTML

Disini ada harus memasukkan kode atau tag HTML yang telah dicopy tadi, untuk di letakkan di bawah Tag <head> ataupun dibawah tag </head> pada Template blog anda. Setelah selesai meletakkan tag, simpan Template anda.

Kemudian itu kita balik lagi ke tab Google search console, untuk mengklik tombol Verifikasi.

Jika sudah selesai sekarang saatnya kita men-submit sitemap kita ke Google Search Console.

Menambahkan Sitemap Blogger di Google Search Console

Setelah mendaftarkan blog dan melakukan verifikasi. Sekarang mari kita melakukan submit atau menambahkan Sitemap blogger ke Google search console.

Pada bagian menu sebelah kiri Search console, klik opsi Sitemap.

Tambahkan sitemap Blogger

Bagi yang menggunakan custom domain, silahkan masukan alamat Sitemap dan blog lengkap seperti dibawah ini:
https://www.alamatblog.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Pada bagian www.alamatblog.com anda ganti dengan alamat url custom domain anda.

Sedangkan untuk pengguna sub domain blogspot.com . anda hanya perlu memsukan ini saja:
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Tanpa perlu memasukkan alamat blog lengkap seperti pengguna kustom domain.

Cara diatas berlaku jika blog anda memiliki jumlah posting dibawah 500, tapi jika memiliki lebih dari 500 posting yang ada di blog anda harus menambah sitemap baru seperti dibawah ini.

Penggunaan kustom domain:
https://www.alamatblog.com/atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=1000

Penggunaan subdomain blogspot.com:
atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=1000

Menambahkan Sitemap Halaman Blogger di Google Search Console

Selain submit sitemap yang diperuntukkan untuk mempermudah Google merayapi posting situs atau blog. Anda juga bisa melakukan submit sitemap halaman jika blog ANDA memiliki banyak halaman penting yang ingin di index Google.

Untuk caranya sama seperti langkah diatas. Perbedaan terletak pada alamat sitemap untuk halaman, Silahkan isi seperti dibawah ini:

Penggunaan kustom domain:
https://www.alamatblog.com/sitemap-page.xml

Penggunaan subdomain blogspot.com:
sitemap-page.xml

Submit Sitemap Halaman Blogger

Dan kemudian tekan tombol KIRIM. untuk menambahkan sitemap halaman statis ke Google search console.

Nah, Seperti itulah langkah yang bisa kita lakukan untuk cara submit sitemap di search console. Seperti kita ketahui sebelumnya sangat penting untuk SEO blog anda di blogger atau blogspot.

Mungkin saya akhiri posting kali ini, semoga bermanfaat buat anda.
See you...

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama