Panduan Cara Membuka Situs Drak web dengan Aman

ilustrasi mengakses dark web

gema.my.id - The Dark Net atau Dark Web merupakan sebagian kecil dari Deep web. The drak web terdiri dari situs web dan layanan yang sengaja disembunyikan. Baik pemilik maupun pengguna web gelap itu anonim.

Meskipun tidak semua yang ada di dark net ilegal, di situ sobat akan menemukan banyak pasar gelap di internet, forum peretas, vendor malware, dan aktivitas terlarang lainnya.

Jenis situs yang paling sering dikaitkan dengan dark web adalah pasar di mana barang-barang terlarang seperti narkotika, senjata api, pornografi anak dan kartu kredit curian diperjualbelikan.

Namun lebih dari itu, dark web juga berisi konten dan data yang dapat diakses dengan anonimitas. Ini bisa berupa blog, forum, ruang obrolan, atau server game pribadi.

Cara Aman membuka Dark Web

Sangat berbahayanya konten di dark web tidak sembarangan bisa mengaksesnya secara langsung, untuk mengakses sebagian besar dark web, sobat perlu Tor.

tor-diagram

Tor adalah jaringan relai yang digunakan untuk menyalurkan koneksi internet pengguna. Koneksi dienkripsi dan semua lalu lintas memantul di antara relai yang berlokasi di seluruh dunia, dan membuat pengguna anonim.

Cara mendapatkan Tor Browser

Cara termudah untuk mengakses Tor adalah melalui Tor Browser. sobat dapat mengunduh dan menginstalnya secara gratis disini.

tor-browser

Tor Browser berbasis pada Firefox, memungkinkan sobat dapat menjelajahi web biasa dan Dark Web. Semua lalu lintas sobat secara otomatis akan dialihkan melalui jaringan Tor.

Secara resmi, Tor Browser hanya tersedia di Windows, Mac, Android dan Linux. Pastikan juga sobat mendownload Tor Browser dari situs web resmi, karena tidak berisiko mendownload malware, spyware, atau virus lain ke perangkat sobat.

Gunakan VPN untuk Keamanan

Penyedia internet dan situs web dapat mendeteksi kapan Tor digunakan karena IP Tor bersifat publik. Meskipun situs web tidak dapat mengidentifikasi dan ISP tidak dapat mendekripsi lalu lintas internet sobat.

Mereka dapat melihat bahwa Tor sedang digunakan. Ini bisa menimbulkan kecurigaan dan menarik perhatian yang tidak diinginkan. Oleh karena itu sobat diharuskan menggunakan VPN atau Tor Bridges.

Membuka situs Deep Web

Sekarang sobat sudah memiliki Tor, sobat dapat mengakses deep web. Situs dark web dapat dibedakan dengan situs web biasa dari jenis domain link URL mereka.

Normalnya sebuah situs mempunyai domain ".com" atau ".org", dalam alamat situs dark web dapat dibedakan dengan domain tingkat atas yakni " .onion ".

tor-browser-wikileaks-url-bar

Menemukan situs web .onion ini adalah tantangan pertama sobat, karena mereka tidak akan muncul di hasil pencarian Google.

Dibawah ini ada sejumlah mesin pencari deep web yang dapat melakukan indeks situs berdomain .onion

Selain mesin pencari deep web diatas sobat juga bisa mencari link url situs Dark Web pada website drektori seperti dark.fail.

Saya sarankan sobat selalu berhati-hati saat menggunakan URL .onion yang diposkan secara publik, sebab Dark Web memiliki banyak sekali penipuan, situs phishing, dan malware yang dirancang untuk menipu pemula.

Mungkin cukip sampai disini saja artikel kali ini mengenai Panduan Cara membuka situs Drak web dengan aman. See you sobat....

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama