14 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Cepat dan Mudah di Lakukan

gema.my.id - Cara mengatasi hidung tersumbat, biasanya hidung tersumbat dapat dialami oleh seseorang apabila kondisi tubuh dalam keadaan yang sedang tidak vit.




Hidung tersumbat akan menyebabkan seseorang yang mengalaminya kesulitan bernapas karena hidung yang mampet, hingga dapat menimbulkan sakit kepala.


Selain itu hidung yang tersumbat juga akan membuat air liur dari hidung keluar secara terus-menerus padahal jika Kita rasakan seperti kering dibagian lubang hidung.


Tidak hanya itu, hidung yang mampet juga membuat indera penciuman terganggu dan mengakibatkan seseorang sulit merasakan bebauan melalui saluran pernafasan.

Kenapa hidung bisa tersumbat ?

Pada awalnya Kita hanya mengira hidung tersumbat adalah lendir yang menumpuk pada saluran hidung, Namun sebenarnya hidung yang tersumbat juga bisa disebabkan oleh pembuluh darah yang meradang pada bagian sinus.


Gejala hidung tersumbat

Hidung tersumbat akan dialami seseorang melalui gejala awal yang timbul seperti,

  • Tidak enak badan, biasanya akan demam
  • Meriang atau menggigil disekujur tubuh
  • Sakit kepala sehabis mandi
  • Bersin-bersin secara terus menerus


Penyebab hidung tersumbat secara normal dapat dengan mudah diketahui melalui indera tubuh. Sebelum hidung tersumbat terjadi biasanya tubuh dalam keadaan tidak prima, kemudian tubuh akan merespon gejala-gejala yang akan meninmbulkan hidung tersumbat.


Untuk mengatasinya, berikut ini 14 cara mengatasi hidung tersumbat yang dapat Kamu lakukan dirumah:


1. Pakai Inhaler

Cara cepat mengatasi hidung tersumbat adalah dengan menggunakan inhaler, bukan hanya untuk mengatasi hidung yang mampet saja melainkan inhaler juga dapat meringankan sakit kepala yang diakibatkan hidung tersumbat.


Cara mengatasi hidung mampet dengan inhaler (alat yang mengandung obat herbal) sangatlah mudah. Cukup tempelkan kebagian hidung yang tersumbat lalu hirup aroma terapi yang terdapat pada inhaler untuk mengatasi bagian hidung yang mampet.


2. Gunakan Pelembab Udara

Pelembab udara atau yang dikenal dengan Humidifier adalah alat yang digunakan sebagai pelemabab udara ruangan, biasanya ditaruh di ruang kamar dan ruang tamu.


Humidifier dapat membantu seseorang yang mengalami mampet dibagian hidung karena udara hangat dan lembab yang masuk melalui hidung.


Menghirup udara lembab terutama hangat dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan juga pembengkakan pembuluh darah pada sinus dan hidung.


3. Manfaatkan sauna

Jika hidung sedang tersumbat salah satu cara mengatasinya ialah dengan pergi ke area sauna.


Hampir serupa manfaatnya dengan humidifier namun dengan ruangan saunan efek dan hasil yang didapatkan jauh lebih mujarab.


Udara hangat dan lembab yang dihasilkan dari tempat saunan akan menyebar ke seluruh bagian tubuh, hasilnya seluruh bagian tubuh termanjankan dan menenangkan jaringan tubuh yang mengalami pembekuan atau peradangan.


4. Mandi air hangat

Cara yang mudah dan gratis untuk mengobati hidung tersumbat adalah dengan mandi air hangat.


Mandi air hangat akan membantu tubuh agar lebih rilek, terutama mengatasi bagian tubuh yang mengalami masalah seperti hidung yang sedang mampet.


5. Minum air hangat

Selanjutnya mungkin alangkah baiknya nih, kalau habis mandi air hangat ya minum air hangat ya...


Jangan minum es atau minuman dingin ! dengan minum air hangat akan membantu merefleksi bagian dalam tubuh agar lebih baik, selain itu juga air hangat dapat membantu mencairkan lendir-lendir yang ada di dalam tubuh.


6. Minum perasan jeruk atau lemon

Hidung tersumbat pada umumnya disebabkan oleh tubuh yang kekurangan vitamin C, kondisi ini yang menyebabkan peredaran darah tidak lancar dan dapat menyebabkan peradangan pada bagian tubuh yang paling rentan.


Cara mengobati hidung tersumbat ini adalah yang paling alami, cukup dengan meminum air dari perasan jeruk atau lemon terlebih lagi sangat dianjurkan apabila dicampurkan dengan air hangat agar hidung tersumbat cepat sembuh.


7. Kompres hidung yang tersumbat

Jangan kasih kendor hidung yang tersumbat, jika sudah coba sauna, mandi hangat, dan minum air hangat, jangan lupa juga atasi hidung tersumbat dengan cara di kompres.


Cara mengatasi hidung mampet dengan mengkompres bagian hidung yang mampet menggunakan handuk yang telah di basahi air hangat, letakan handuk kecil atau tisu basah di atas atau bagian luar hidung.


8. Hirup bawang merah

Kalau kalian tahu pas lagi iris bawang merah tuh efeknya sedih banget :'), tentu saja selain dapat membuat bagian yang merasakan aroma bawang dapat terasa perih dan pasti ingin mengeluarkan cairan.


Cara mengatasi hidung tersumbat dengan bawang merah sangatlah jarang ditemukan namun manfaat dari bawang merah sendiri tidak hanya untuk meredakan hidung mampet tapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya.


9. Semprotkan cairan saline

Saline adalah larutan ait garam yang mengandung Natrium Klorida. Saline biasanya tersedia dengan kandungan 0,45% - 0,9% Natrium Klorida.


Mengobati hidung tersumbat dengan cairan saline sangatlah ampuh karena ini juga adalah anjuran dokter.


Saline tersedia di apotek, cukup beritahukan kepada apotek tempat Kamu membelinya dengan sebutan larutan saline.


Apabila telah sedia saline dirumah, untuk menggunakannya cukup semprotkan saline ke bagian hidung yang mampet. Cairan ini akan meningkatkan kelembapan pada lubang hidung.


Khasiat dari saline sendiri dapat membantu mencairkan lendir di bagian lubang hidung dan kemudian juga membantu mngeobati peradangan pembuluh darah hingga saluran pernapasan dapat berfungsi normal kembali.


10. Pijat hidung yang mampet

Cara melegakan hidung tersumbat yang cukup efektif adalah dengan cara memijat bagian hidung yang sedang mampet.


Pijatan kecil ini akan merefleksi hidung sekaligus lubang hidung dan membuatnya terasa lebih enteng.


Namun, agar benar-benar sembuh pastikan jangan lakukan tindakan seperti menarik kembali ingus, biarkan mengalir atau siapkan tisu dan handuk.


11. Konsumsi Madu

Untuk meredakan hidung tersumbat disarankan untuk mengkonsumsi madu. Cara ini dapat membantu menghilangkan ketidak nyamanan yang timbulkan hidung mampet.


Menurut ahli, madu lebih efektif dari salbutamol dalam mengatasi flu dan batuk-batuk pada anak-anak.


12. Berkumur air garam

Menurut anjuran dokter, salah satu cara mengobati hidung tersumbat adalah dengan air garam.


Cara mengobatinya yaitu berkumur dengan air garam apa bila hidung tersumbat disertai dengan keluhan lendir kental hingga tenggorokan.


Air garam dapat membantu melarutkan lendir dan membunuh kuman yang menyebabkan hidung mampet.


13. Berjemur sinar matahari

Apa bila sedang mengalami mampet dibagian hidung, kemungkinan besar peredaran darah Kamu tidak lancar.


Cobalah untuk berjemur di terik matahari pagi, panas yang dihantarkan oleh matahari pagi dapat membantu menjaga peredaran darah tetap lancar.


Tidak hanya itu, berjemur juga dapat membawa khasiat lainnya bagi kesehatan tubuh.


14. Oleskan atau hirup aroma terapi


Mengoleskan atau menghirup aroma terapi seperti minyak kayu putih, freshcare, dan balsem menjadi salah satu alternatif untuk menyembuhkan hidung tersumbat.


Tidak jarang orang yang telah melakukan hal ini dan membuktikan dengan menggunakan aroma terapi dapat meringankan hidung tersumbat.


Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat mulai dari cara alami dan dengan obat herbal yang mujarab. Hidung tersumbat dapat dialami oleh siapapun bahkan padahal tidak pilek ataupun flu, namun pada dasarnya hal itu terjadi karena tubuh kekurangan vitamin dan menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit.

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama